Rabu, 28 Mei 2014

Harga dan Spesifikasi Nokia X



Harga dan Spesifikasi Nokia X - Nokia baru saja mengumumkan jajaran smartphone terbarunya yang mengadopsi sistem operasi berbasis Android yang disebut sebagai X Platform AOSP (Android Operating System project). Ponsel yang sebelumnya telah menjadi buah bibir karena penampakannya tersebut kini benar benar mewujudkan mimpi jutaan fans Nokia yang selama ini memimpikan bisa menggunakan OS Android di ponsel Nokia. Ekspektasi tersebut memang tak muluk muluk, sebab Nokia memiliki kualitas hardware yang mumpuni, jika dipadukan dengan keterbukaan sistem operasi Android maka hasilnya tentu akan luar biasa. Nokia X resmi diperkenalkan dalam ajang MWC di barcelona pekan ini. Menariknya harga Nokia X android yang ditawarkan cukup murah yaitu Rp. 1,4 juta. hanya saja menurut beberapa pihak spesifikasi Nokia X yang diusung memang terkesan nanggung. Penasaran seperti apa kelebihan dan kekurangan Nokia ? simak ulasan mengenai Spesifikasi Nokia X berikut ini :




Nokia X Android dual SIM


Desain ala Asha
Melihat sepintas body smartphone Nokia X maka yang terbesit dalam benak kita adalah aroma khas Nokia seri Asha dengan desin persegi panjang dengan sudut menyiku namun memiliki ornamen lengkung di bezelnya. Nokia Android ini menawarkan beragam pilihan warna yang fresh yaitu merah kuning hijau serta hitam. Nokia X mengusung layar dengan ukuran 4 inchi beresolusi 800x480 piksel atau setara WVGA dengan kerapatan layar mencapai 233 ppi. Layar yang digunakan berjenis LCD IPS (In Plane Switch) dengan lima titik sentuh. Desainnya cukup elegan dengan hadirnya sebuah tombol fisik home berupa Left narrow.


OS Nokia X platform AOSP
Setelah divisi smartphone Nokia dibeli Microsoft untuk digunakan sebagai monopoli Windows phone, tampaknya Nokia sangat berhati hati dalam mengembangkan ponsel Androidnya. Hal itu jelas terlihat dari tampilan Nokia X yang masih kental aroma Windows Phonenya. Yups, Nokia memang tidak serta merta mengadopsi Android secara full system. Spesifikasi nokia X di sistem operasi memang merupakan modifikasi dari Android 4.2 Jelly Bean yang disebut sebagai Nokia X Platform AOSP (Android Operating System Projek). maka tak heran jika kita tidak akan menemukan layanan Google yang terintegrasi di dalamnya seperti Play Store, Google Maps, Gmail, dll. Di Nokia X semua yang berbau Google digantikan oleh produk Nokia sendiri atau milik Microsoft seperti Nokia Maps here, Nokia Store, Ovi mail, Cloud dll. Tampilan antarmuka yang digunakan juga terlihat seperti Windows Phone. Nokia X mengandalkan fitur fastlane yaitu fitur yang emmudahkan pengguna untuk berpindah dari aplikasi satu ke lainnya. Fastlane juga akan menampilkan beragam informai yang terintegrasi dengan sosial media.


Fitur Fastlane dan Nokia Here

Dapur pacu mlempem
Jika kita bandingkan spesifikasi Nokia X dengan spesifikasi Android lain, tentu akan merasa kecewa. Sebab Nokia X terkesan "nanggung" dengan hanya menghadirkan prosesor dual core Qualcomm Snapdragon S4 berkecepatan 1 GHz, RAM yang digunakan juga masih 512 MB. Seperti kita ketahui bersama, Android 4.2 (basis android yang digunakan oleh Nokia X) merupakan salah satu versi yang cukup rakus memory sehingga diyakini Nokia X akan kurang responsif. Namun tenan saja, Nokia menggunakan framework yang berbeda sehingga tetap ringan menjalankan aplikasi.


Kamera 3 MP
Sebagai sebuah smartphone, nokia X juga dibekali dengan kamera untuk mengabadikan setiap momen penggunanya. Kamera sebesar 3 MP dismatkan dibagian belakang. hanya saja tidak terdapat fitur autofocus serta LED flash untuk membantu pencahayaan. Poin minus juga hadir karena tidak adanya kamera depan untuk fasilitas video chat ataupun foto selfie.


Fitur dan Konektivitas
Konektivitas Nokia X terbilang cukup lengkap dengan hadirnya dukungan dual SIM on GSM yang mampu berlari di jaringan 3G/HSDPA selain itu ada fitur Wifi juga. Meski tak mampu mendownload aplikasi secara resmi melalui Google Play Store, Nokia X diklaim mampu menginstall beragam aplikasi dari file mentah berekstensi .apk Untuk menopang seluruh spesifikasi Nokia X yang tak terlalu tinggi ini dibekalkan baterai berkapasitas 1500 mAh


Harga Nokia X dan ketersediaannya di pasaran
Nokia X kini sudah tersedia di Indonesia dan dibanderol dengan harga Rp. 1,6 Juta (via retail). Namun saat dilakukan Consmer launch 12 April 2014 mendatang handset ini akan dilepas dengan harga Rp. 1,2 Juta (dengan paket bundling Telkomsel).


Kelebihan Nokia X

harga relatif murah
Tampilan UI serasa Windows phone menjadi cita rasa baru untuk sebuah android
fitur Fastlane
Dual SIM
Perpaduan aplikasi Windows Phone dan Android Kekurangan Nokia X


Tanpa kamera depan
RAM 512 MB
prosesor usang
tak dapat menginstall aplikasi dari Play Store

0 komentar:

Posting Komentar